June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

MENGADU NASIB, KAUM URBAN DATANG KEJAKARTA

1 min read

Gelombang arus balik masih terus mengalami peningkatan  di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Diketahui, para pemudik tersebut mayoritas adalah kaum urban yang ingin mengadu nasib ke Jakarta.

Hingga saat ini, arus balik hari raya idul fitri masih terjadi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Sama seperti tahun sebelumnya,dimana jumlah penumpang kapal pada arus balik melebih dari data penumpang arus mudik.

Kelebihan jumlah penumpang pada arus balik adalah kaum muda yang ingin mencari kerja di Jakarta. Kebanyakan dari mereka pergi bersama sahabat atau sanak saudara.

Dengan berbekal ijasah sma atau sarjana, mereka memiliki harapan besar dapat memperoleh pekerjaan di Pulau Jawa. Tujuan satu satunya adalah merubah nasib di perantau.

Diana, warga Lampung Utara mengaku di kampung sulit untuk memperoleh pekerjaan. Ia pun nekad mengadu nasib ke Jakarta karena sudah mendapat penawaran sebagai tenaga pendidik di sekolah swasta. Diana mengambil peluang ini agar dapat membiayai kuliah adiknya.

Kota Jakarta adalah tujuan utama para urbanisasi. Para anak muda ini bertekad meningalkan kampung halaman dan sanak saudara demi merubah nasib di Kota Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *