June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

MAHASISWA KORBAN TPPO DIIMING-IMINGI GAJI MENGGIURKAN

2 min read

Ratusan mahasiswa asal Jambi yang jadi korban tindak pidana perdagangan orang lewat program magang di Jerman, mengaku sempat diiming-imingi gaji yang menggiurkan. Disisi lain, pihak Universitas menyatakan akan melakukan investasi, terkait program magang di luar negeri tersebut.

Sejumlah mahasiswa perguruan tinggi negeri di Universitas Jambi itu mengaku kecewa, terlebih saat tahu jika  mereka menjadi korban tindak pidana perdagangan orang atau TPPO, dengan modus magang di Jerman. Salah satunya adalah Ramayana Monica.

Mahasiswi fakultas hukum unja semester 10 ini mengakui dirinya menjadi korban, karena ia tahu persis apa yang dialaminya. Bahkan di waktu pendaftaran awal, ia dan sejumlah mahasiswa lain di imingi imingi mendapatkan gaji yang besar, pekerjaan yang tidak berat, serta  fasilitas yang nyaman. Namun faknya, justru berbanding terbalik karena  tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pihak universitas Jambi menyatakan akan melakukan pendampingan terhadap para mahasiswa, yang menjadi korban TPPO.

Sementara  itu Mochammad Farizi, humas Universitas Jambi  mengatakan, untuk memperjelas kasus yang menyeret guru besar di perguruan tinggi Negeri Universitas Jambi itu dan ratusan mahasiswa itu, pihak unja akan melakukan investigasi secara mendalam, termasuk melakukan langkah-langkah strategis.

Beberapa langkah itu  seperti menghentikan program magang luar negeri, membatalkan M-O-U dengan perusahaan penyedia jasa magang, membentuk tim untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program magang luar negeri, membentuk pos pengaduan, menyediakan layanan trauma healing, serta memberikan pendampingan terhadap korban untuk melakukan upaya-upaya yang diperlukan.

Seperti diketahui, bareskrim polri telah berhasil mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang dengan modus program magang di Jerman. Ribuan mahasiswa yang menjadi korban, berasal dari berbagai perguruan tinggi yang tersebar di 33 Provinsi. Dan 106 diantaranya berasal dariperguruan tinggi di Jambi.

Untuk proses penyidikan lebih lanjut, saat ini polda Jambi sudah meminta keterangan  dari 6 mahasiswa yang menjadi korban Tppo dengan modus  program magang mahasiswa di Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *