June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

HARGA DAGING SAPI NAIK JELANG IDUL FITRI, PEMKAB BANYUWANGI LAKUKAN SIDAK

2 min read

Jelang hari raya idul fitri, harga daging ayam dan sapi mulai merangkak naik, termasuk  di pasar Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. Guna mengantisipasi adanya daging gelonggongan di tengah permintaan yang tinggi, dinas pertanian dan pangan Banyuwangi lakukan sidak di seluruh pasar  untuk memastikan keberadaan daging layak konsumsi.

Dinas pertanian dan pangan Banyuwangi mulai memperketat pengawasan peredaran daging sapi dan ayam jelang lebaran. Petugas menggelar inspeksi mendadak di sentra penjualan daging, yang ada di pasar Tradisional Blambangan, pada Kamis pagi, 28 Maret 2024.

Sidak ini dilakukan untuk memastikan tidak ada peredaran daging gelonggongan  demi meraup keuntungan lebih mendekati Idul Fitri 1445 Hijriyah ini. Satu persatu daging dicek oleh petugas menggunakan P-H meter, guna mengukur kadar air pada daging.

Sementara itu, karena permintaan semakin tinggi jelang lebaran, harga daging sapi mulai naik. Dari awalnya rp 120 ribu perkilogramnya, kini naik menjadi Rp 130 ribu perkilogramnya. Meski permintaan tinggi, dinas pertanian dan pangan banyuwangi memastikan ketersediaan stok daging sapi hingga lebaran mendatang aman.

Dulhadi, salah satu  pedagang mengatakan, jika hari biasa mereka menjual hanya 20 kilogram perharinya, kini karena permintaan tinggi, satu pedagang bisa menjual hingga 40 kilogram per harinya.

Sementara itu menurut arief setiawan – kadis pertanian dan pangan banyuwangi, sejauh ini dari hasil sidak yang dilakukan, daging yang dijual pedagang dalam kondisi normal dan  layak konsumsi.

Di sisi lain, DRH Nanang Sugiharto, kabid kesehatan hewan dinas pangan Banyuwangi, juga menyampaikan cara mengenali daging yang kondisinya baik dan layak konsumsi.

Tak hanya daging sapi, daging ayam pun kini juga  ikut merangkak naik. Bahkan kenaikannya sudah terjadi sejak awal ramadhan  lalu. Jika hari biasa harga daging ayam potong dijual  Rp 32 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp 35 ribu.  Kenaikan ini terjadi, karena  harga dari tengkulak juga mengalami peningkatan jelang datangnya idul fitri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *