June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

DUA PEKAN JELANG LEBARAN, HARGA CABAI NAIK HAMPIR 100 PERSEN

2 min read

Masuk mingu ke tiga di bulan ramadhan, harga cabai keriting merah di pasar raya padang kembali meroket. Dari harga normal 50 ribu perkilogram,saat ini  melambung hampir 100 persen jadi 90 ribu rupiah per kilogramnya. Hal yang sama juga terjadi pada cabai hijau, yang kini jadi 40ribuah perkilo dari harga sebelumnya,  ribu rupiah perkilogram.

Terpantau pada selasa 26 maret 2024 atau memasuki minggu ketiga di bulan ramadhan, harga cabai mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Seperti yang terlihat di pasar raya padang, cabai merah keriting yang biasanya dijual  50 ribu rupiah, kini nakik drastis jadi 90ribu rupiah perkilogramnya.

Hal yang sama juga terjadi pada cabai hijau. Jika sebelumnya dijual seharga 28ribu rupiah perkilogram, kini naik jadi 40ribu rupiah.

Menurut ujang ,  salah datu pedagang di Pasar raya Padang, sudah dua hari harga cabai keriting  bertambah pedas. Hal tersebut diduga  terjadi, akibat permintaan yang tinggi namun musim panen telah berakhir. Selain itu, distribusi cabe asal pulau jawa juga terputus akibat beberapa daerah di jawa mengalami banjir,  sehingga para petani cabai setempat gagal panen.

Diprediksi, harga cabai yang mencapai 90 ribu rupiah ini akan bertahan hingga selepas idul fitri. Sebab sudah menjadi trend tahunan , jika harga sembako selalu meroket jelang lebaran tiba.

Sementara itu sunandar, salah satu pembeli mengatakan, saat ini ia terpaksa mengurangi pembelian cabe sesuai dengan kemampuan atau kebutuhannya. Untuk menyiasati supaya semua anggota keluarga bisa menikmati cabai, ia terpaksa mencampurnya dengan tomat yang jumlahnya lebih banyak.

Sunandar berharap pemerintah peka terhadap terjadinya kenaikan harga sembako ini. Dengan kondisi perekonomian masyarakat yang sedang macet, kenaikan harga sembako ini semakin menambah beban ekonomi warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *