June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

DIDUGA GELAPKAN DANA BANSOS, OKNUM PEKERJA SOSIAL KELURAHAN DI PECAT

2 min read

Diduga melakukan penggelapan dana bantuan sosial, seorang oknum pekerja sosial di kelurahan batang arau dipecat. Dalam aksinya, ia menggunakan data palsu dari penerima bansos. Akibat perbuatannya. Ia kini berhadapan dengan hukum.

Hendri Septa, walikota Padang memastikan, bahwa oknum yang menggelapkan dana bansos di kelurahan Batang Arau pada akhir Oktober  lalu, telah dipecat. Selanjutnya pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut  kepada penegak hukum, yaitu  kejari Padang.

Dengan adanya kasus itu, hendri septa mengingatkan  seluruh asn kota padang, untuk tidak bermain main dalam penyaluran dana bansos. Selain bisa di nonjobkan, saknsi terberat lainnya yakni berhadapan dengan penegak hukum.

Sementara itu, mantan hakim Adhoc pidana korupsi, yang juga merupakan pengacara perwakilan Rt dan Rw di kelurahan Batang Arau Kota Padang, meminta  kejaksaan negeri Padang tidak mengulur waktu untuk menetapkan tersangka dalam kasus tersebut. Sebab tidak menutup kemungkinan, hal yang sama juga terjadi di 102 kelurahan lainnya dikota Padang.

Jika hanya dengan mengembalikan uang yang di selewengkan, masyarakat akan mencibir cara penegakan hukum, khusunya bagi rakyat kecil. Selain itu, mantan hakim yang lama berdinas di ternate tersebut memastikan, perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh oknum psm tidak dilakukan sendiri, namun diduga ada pihak lain yang terlibat.

Sementara itu kasi intel kejari padang, afliandi mengatakan, pihaknya telah melakukan pemanggilan terhadap terduga pelaku maupun  lurah batang arau. Untuk saat ini, dana yang ditilep telah dikembalikan. Ia juga mewanti wanti kepada pekerja sosial masyarakat, untuk berkerja sesuai dengan koridor. Sebab jika ada laporan, maka pihak kejaksaan akan langsung memanggil yang bersangkutan, dan akan dikenakan pasal undang undang  pidana korupsi.

Sebelumnya diberitakan, oknum pekerja sosial masyakarat di kelurahan Batang Arau, menilep uang bansos. Modus yang dilakukan adalah tidak menyalurkan dana ke penerima asli. Namun membuat laporan seolah-olah uang telah diterima oleh yang berhak.

Berdasarkan laporan yang masuk, ada sekitar 20 warga penerima bantuan sosial yang protes karena dana tidak sampai ke tangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *