June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

BUNTUT PENERBITAN IZIN PRINSIP PT APN, MANTAN BUPATI TEBO DILAPORKAN AKTIVIS LSM KE KEJATI

2 min read

Mantan bupati Tebo, Sukandar dilaporkan ke kejaksaan tinggi Jambi oleh sejumlah aktivis LSM.

Mantan bupati dua periode itu dilaporkan terkait dugaan penyalahgunaan wewenang yang terindikasi korupsi atas terbit nya izin prinsip PT. Andika permata nusantara di Kabupaten Tebo.

Sejumlah aktivis lembaga swadaya masyarakat di jambi menggelar aksi demontrasi di gerbang pintu masuk kantor kejaksaan tinggi Jambi, Senin 11 Desember 2023.

Aksi unjuk rasa aktivis LSM di momen hari anti korupsi sedunia 2023 tersebut, berlangsung aman dan damai.

Dalam aksinya, pendemo mempertanyakan tindak lanjut dari laporan dugaan penyalahgunaan wewenang atas terbitnya izin prinsip PT andika permata nusantara atau PT APN di Kabupaten Tebo.

Gabungan aktivis Lsm ini melaporkan mantan bupati Tebo dua periode, sukandar.

Koordinator aksi yang juga sekjen DPP LSM Mappan, Awaludin Hadi Prabowo mengatakan, laporan dugaan korupsi ini dilayangkan ke kejati Jambi pada tanggal 24 November 2023 lalu.

Mantan bupati tebo, sukandar dilaporkan atas dugaan penyalahgunaan wewenang terkait penerbitan izin prinsip PT APN yang diduga terindikasi korupsi.

Selain Sukandar, Awaludin menyebut, ada dua kepala OPD di Kabupaten Tebo yang turut menjadi terlapor.

Awaludin menerbangkan, izin prinsip PT. APN diterbitkan hanya dalam waktu satu hari setelah permohonan izin prinsip itu diajukan pihak perusahaan ke PT APN Kabupaten Tebo.

Surat permohonan izin prinsip perkebunan dan pabrik kelapa sawit PT APN diajukan pada tanggal 18 Mei 2022, kemudian disetujui oleh dinas pelayanan modal pelayanan terpadu satu pintu koperasi usaha kecil dan menengah Kabupaten Tebo pada tanggal 19 Mei 2022.

Sementara itu, ketua jaringan pemantau kewenangan Provinsi Jambi, Abdullah manyatakan, penerbitan izin prinsip PT APN di Kabupaten Tebo dianggap janggal.

Abdullah menyebut, surat rekomendasi penerbitan izin prinsip pt apn tersebut diduga ditandatangani oleh mantan bupati Tebo, Sukandar, selang satu hari sebelum masa jabatannya berakhir.

Pendemo mendesak kejaksaan tinggi jambi segera mengusut tuntas dugaan penyalahgunaan wewenang terkait dengan penerbitan izin prinsip PT APN di Kabupaten Tebo yang terindikasi korupsi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *