June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

SENGKETA LAHAN, GERBANG MASUK SD NEGERI 212 DITUTUP PAGAR SENG

2 min read

Lantaran belum menerima pembayaran ganti rugi, pintu masuk SD Negeri 212 kota Jambi ditutup pagar seng oleh pimilik lahan.

Penyegelan sekolah dilakukan setelah pemilik lahan selaku penggugat memenangkan gugatan di tingkat pengadilan negeri hingga di tingkat kasasi. Beginilah suasana di sekolah dasar negeri 212 kota Jambi pada Senin pagi, 27 November 2023.

Siswa dan guru kesulitan masuk ke dalam sekolah, setelah gerbang pintu masuk SD Negeri yang beralamat di kecamatan kota baru, kota Jambi itu ditutup pagar seng. Pemilik lahan masih menyisakan sedikit akses jalan sebagai pintu masuk ke dalam sekolah, agar kegiatan belajar mengajar masih tetap bisa dilakukan.

Penyegelan pintu masuk SD Negeri 212 ini dilakukan karena pemilik lahan tak kunjung menerima pembayaran ganti rugi dari pemerintah kota Jambi.

Kuasa hukum pemilik lahan, aprizul ihsan Hasibuan menyatakan, pihaknya mengancam akan menutup total akses masuk ke sekolah, jika persoalan pembayaran ganti rugi sesuai dengan keputusan pengadilan itu tak menemui titik terang.

Sri Purwaningsih mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus menyelesaikan sejumlah persoalan yang dihadapi pemkot Jambi, termasuk persoalan sengketa lahan SD Negeri 212.

Kepala SD Negeri 212 kota Jambi, sapiroh mengaku sedih dengan persoalan sengketa lahan yang menimpa sekolah nya. Ia berharap, persoalan yang terjadi dapat segera terselesaikan.

Peserta didik SD Negeri 212 kota jambi berharap, pagar seng yang menutup gerbang masuk sekolah mereka sejak dua pekan lalu itu bisa segera dibuka. Konflik antara pemilik lahan SD Negeri 212 dengan pemerintah kota Jambi yang tak kunjung selesai ini membuat cemas wali murid.

Konflik antara pemerintah kota Jambi dengan pemilik lahan sd Negeri 212 ini telah terjadi selama bertahun-tahun.

Terakhir, pemilik lahan memenangkan gugatan di tingkat kasasi Mahkamah Agung RI. Pemerintah kota Jambi diwajibkan membayar ganti rugi tanah yang telah berdiri bangunan sekolah dasar tersebut sebesar 1,7 miliar rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *