June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

RATUSAN PEMBALAP DARI BERBAGAI WILAYAH DI INDONESIA,  IKUT AMBIL BAGIAN DALAM EVENT  DEKADE RIDE 2023 

3 min read

Ratusan pembalap dari berbagai wilayah di Indonesia,  ikut ambil bagian dalam event  dekade Ride 2023, yang diselanggarakan akademi penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, Minggu (25-11-2023). Beberapa pembalap nasional seperti Jamalidin Novardianto dari Drj Cycling, Terry Yudha (KGB Racing Team) dan Airlangga Adam Aldama (BRCC) dikategori Men Elite, Chika Zerra Arinda (KIC Indonesia) dan Dewika Mulya Sofa (KGB) kategori wowmen open siap beradu kecepatan di rute sepanjang 91 km dari api yang berada di komplek bandara Banyuwangi Kecamatan Blimbingsari.

Dekade Ride pertama tahun 2023 ini,  diikuti oleh 248 pembalap dari 52 team yang tersebar di 15 Provinsi. Mereka  bersaing di 8 kategori yang dilombakan, mulai men elite, women open, kelompok umur, yakni men youth dan men junior dan kelompok penghobi mulai master A, B dan C, serta kategori khusus karyawan kementrian perhubungan (Kemenhub).

Dalam balapan dekade Ride 2023, para pembalap akan disuguhkan rute dengan garis tanjakan dilereng Gunung Raung sepanjang 30 kilometer, tepatnya dikawasan Kecamatan Songgon Banyuwangi, kemudian rute turunan menuju Muncar, sebelum akhirnya finish di kawasan api Banyuwangi, yang berada di komplek bandara Banyuwangi Kecamatan Blimbingsari.

Diawal lomba peserta akan melakoni Cycling For All hinga 10 km, kemudian akan memperebutkan King Of Mountain (KOM) di km ke 24 tepatnya di pertigaan Sragi. Kemudian kembali bersepeda bersama hingga kawasan RTH Blambangan Muncar, yang dilanjutkan beradu kecepatan dirute flat sepanjang 19 km hingga finish untuk mementukan siapa juara dekade Ride 2023.

Pada gelaran dekade Ride api Banyuwangi 2023 dikelas men elite, Jamalidin Novardianto dari Dr.J Cycling team, mampu menduduki podiom pertama dengan catatan waktu  24 menit 38 detik.

Untuk kategori men junior,  Arkana Galih Hafizh Sena dari  Asc Monster Team, mencatat 24 menit 37 detik, menduduki posisi podium pertama.

Men youth sementara Sulthon Muhammad  dari I SGPC Madiun team mampu menduduki podium pertama di kategori men youth  dengan catatan 24 menit 38 detik.

Dikategori women open,  Dewika Mulya Sova dari KGB Team  menduduki podium satu dengan 25 menit :18 detik.

Kategori master A, podioum satu diduduki  Rahmat Wahyudi dari KGB Team  dengan catatan waktu 24 menit 38 detik ,546.

Ketgori master B,  Purwantoro dari Gmedia Cyling Team dengan catatan waktu 24 menit 49 detik menduduki podium satu,

Dikelas master C ,  Sadiman dari TGP Racing Team mencatat 27 menit 00:669 detik menduduki podium pertama.

Kategori kemenhub  podium pertama di rebut Muhammad Fikri Irfani dari PIP Semarang dengan catatan waktu 28 menit 23 detik.

Sementara itu,  result dekade ride 2023 kategori men elit, rachmad noka wibisono dari drj cycling team meraih juara satu dengan catatan waktu 00:27:05.    

Posisi kedua di raih Angga Dwi wahyu prahesta dari DRJ Cycling Team, mancatat waktu 00:27:05.

Sementara posisi ke tiga diduduki Fajar Surya Hadiwijaya dari KGB Team mencatat waktu 00:27:05.

Juara satu result dekade Ride 2023, kategori men elit, Rachmad Noka Wibisono dari DRJ Cycling Team, mengaku tertantang dengan rute balapan karena selain banyak tikungan juka tanjakan yang menantang, namun berkat kegigihan mereka posisi podium satu dan dua bisa direbut bersama rekan satu teamnya.

Direktur Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi, capten Daniel Dewantoro Rumani, mengatakan digelarnya dekade Ride 2023 ini dalam rangka memperingati berdirinya akademi penerbangan Indonesia Api Banyuwangi yang ke 10 tahun. Balapan sepeda dipilih menjadi event yang gelar untuk mendukung program pemerintah sport tourisem diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian di Banyuwangi, karena peserta yang hadir dari 15 Provinsi.

Sementara itu wakil ketua ISSI Jawa Timur, Guntur Priambodo, mengatakan, kagiatan tersebut sangat positif sebagai ajang aktualisasi bagi para atlet untuk persiapan agenda resmi balap sepeda sekala nasional maupun tingkat asia. Karena peserta yang ikut hadir pada event dekade ride ini banyak yang sudah mengikuti event taraf nasional.

Selama balapan para peserta akan disuguhkan panorama yang sangat indah disekitar lereng Gunung Raung, kemudian akan melintasan kawasan kampung moderasi yang berada di Desa Patoman Kecamatan Blimbingsari, sebelum akhirnya finis di kawasan bandara Banyuwangi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *