June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

GUBERNUR JAMBI DILAPORKAN TIM RELAWAN GANJAR-MAHFUD KE BAWASLU

2 min read

Gubernur Jambi, Al Haris dilaporkan oleh tim relawan Ganjar-Mahfud ke Bawaslu Provinsi Jambi.

Pelaporan ini buntut dari dugaan penyalahgunaan fasilitas negara untuk kepentingan pemenangan salah satu pasangan capres-cawapres.

Tim relawan pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud resmi melaporkan Gubernur Jambi, Al Haris ke badan pengawas pemilu Provinsi Jambi pada Kamis 23 November 2023 lalu.

Laporan ini dilayangkan imbas dari unggahan foto dan narasi salah satu oknum anggota dewan di media sosial. Dalam postingan itu, terdapat foto-foto Gubernur Jambi bersama elit partai koalisi Indonesia maju di Jambi, tengah menggelar pertemuan di rumah dinas Gubernur Jambi.

Tim relawan Ganjar-Mahfud mencium adanya aroma pelanggaran dalam pertemuan itu. Pertemuan tim kampanye daerah pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Gibran tersebut, diduga telah melanggar undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, dimana pejabat negara dilarang menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye.

Koordinator tim relawan Ganjar-Mahfud Jambi, Aris Munandar meminta Bawaslu memberikan sanksi terhadap terlapor. Aris munandar juga meminta Gubernur Jambi untuk netral dan tidak mengunakan fasilitas negara dalam berkampanye.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, wein arifin membenarkan adanya laporan dari tim relawan Ganjar-Mahfud Jambi tersebut.

Dijumpai di sela-sela acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dalam rangka pembentukan relawan patroli siber pemilu 2024, Senin 27 November 2023, Wein Arifin menegaskan.

Pihaknya telah melakukan kajian awal dan pleno terhadap laporan tersebut. Bawaslu Provinsi Jambi akan menyusun jadwal untuk melakukan klarifikasi terhadap terlapor, saksi-saksi, pelapor dan pihak-pihak yang mengetahui peristiwa dalam laporan tersebut.

Klarifikasi yang akan dilakukan pihak bawaslu Provinsi Jambi ini bertujuan untuk memperjelas dan membuat terang suatu peristiwa, apakah peristiwa dalam laporan tim relawan Ganjar-Mahfud Jambi tersebut terdapat dugaan pelanggaran atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *