June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

KONFLIK LAHAN SK TOL, GUBERNUR JAMBI DIDEMO RATUSAN WARGA

1 min read

Ratusan warga Muaro Jambi berunjuk rasa di depan kantor gubernur Jambi, Rabu 22 November 2023.

Massa mendesak gubernur Jambi, Al Haris segera menuntaskan persoalan konflik 1.500 hektar lahan SK tol, di Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi yang hingga  kini belum ada penyelesaian.

Ratusan massa yang berkumpul di kawasan perkantoran pemerintah Provinsi Jambi ini berasal dari Desa Sungai Bungur, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi.

Dengan berjalan kaki, mereka bergerak menuju titik lokasi unjuk rasa, tepat di depan gedung kantor gubernur Jambi.

Massa menyuarakan persoalan lahan SK tol seluas 1.500 hektar, yang diberikan negara untuk masyarakat Desa Sungai Bungur sejak tahun 2002 lalu, namun hingga kini tak kunjung dimiliki masyarakat.

Pengunjuk rasa menyatakan, sebagian  lahan redistribusi tersebut justru dikuasai oleh salah satu perusahaan perkebunan, serta sejumlah koperasi unit desa.

Dalam aksinya, massa mendesak gubernur Jambi, Al Haris segera melakukan penetapan terhadap sebagian lahan SK tol masyarakat desa sungai bungur yang telah diindentifikasi oleh kanwil ATR BPN Jambi.

Massa juga mendesak gubernur Jambi segera membentuk team verivikasi subjek dan objek dalam penyelesaian lahan SK tol masyarakat Desa Sungai Bungur.

Pengunjuk rasa terlihat kecewa lantaran tidak ada satupun perwakilan dari pemerintah Provinsi Jambi yang menemui mereka.

Massa mengaku akan terus bertahan dan menginap di kawasan kantor gubernur Jambi hingga sampai tuntutan mereka dipenuhi.

Pengunjuk rasa meminta gubernur Jambi tidak tutup mata terhadap persoalan konflik lahan SK tol di Desa Sungai Bungur, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *