June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

SUMBER MATA AIR ABADI, TAK PERNAH KERING SAAT KEMARAU

1 min read

Usaha air bersih yang dikelola badan usaha milik desa di Desa Ibru, Kabupaten Muaro Jambi menjadi berkah bagi masyarakat.

Desa yang berada di wilayah perbatasan antara Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan itu memiliki sumber air bersih yang tak pernah kering.

Usaha air bersih yang dikelola oleh bumdes Desa Ibru, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi ini menjadi tumpuan warga disaat kekeringan melanda.

Sumber mata air yang muncul dari  kawasan hutan belantara di desa ini tak pernah kering, meski dilanda kemarau panjang sekalipun.

Selain memenuhi kebutuhan air bersih untuk ratusan kepala keluarga lewat jaringan pipa, bumdes Desa Ibru juga melayani pembelian air untuk masyarakat umum.

Setiap harinya, kendaraan mobil pick up pengangkut tandon milik warga bergantian mengisi pasokan air bersih di desa ini.

Pengelola bumdes menjual air bersih ini dengan harga yang sangat murah.

Setiap pembelian satu kibik air, pembeli hanya dikenakan biaya 25 ribu Rupiah.

Selain memenuhi kebutuhan warga di desa ibru, sumber air bersih ini membantu masyarakat 5 desa tetangga yang terdampak kekeringan.

Di musim kemarau tahun ini, setiap harinya tak kurang dari 10 ribu liter air bersih ludes terjual.

Sumber mata air yang mengalir dari bukit bebatuan di desa ibru ditemukan warga sejak puluhan tahun lalu. Hingga saat ini airnya tak pernah kering.

Pengelola bumdes membuat kolam berukuran besar sebagai tempat penampungan sementara di lokasi sumber mata air.

Air yang terkumpul kemudian dialirkan ke dataran tinggi menggunakan mesin dan pipa paralon, untuk kemudian dialirkan kembali ke rumah-rumah warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *