June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

RAKOR PELAKSANAAN PELATIHAN DUDI DAN TMT KABUPATEN BANYUWANGI 2023

2 min read

Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BPVP) menggelar rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Dengan Industri Daerah atau FKLPID Banyuwangi di Ballroom Ijen Hotel Santika Banyuwangi Senin, 30 Oktober 2023.

Rakor pelaksanaan pelatihan dudi dan tailor made training serta rencana kerja tahun 2024 tersebut dilaksanakan, guna meningkatkan sinergisitas bersama sejumlah industri yang ada di banyuwangi dan meningkatkan pendistribusian tenaga kerja yang berkualitas dari hasil pelatihan.

Rakor yang diselenggarakan selama dua hari mulai Senin 30 Oktober hingga Selasa 31 Oktober 2023 tersebut, dibuka langsung oleh plt kepala dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Perindustrian Kabupaten Banyuwangi, Sulistyowati. Tampak hadir juga ketua FKLPID Banyuwangi Sandang Ediono.

Kepala BPVP Banyuwangi Rusman menjelaskan, rapat koordinasi kali ini merupakan evaluasi dari pelaksanaan pelatihan dudi dan tailor made training yang telah digelar di tahun 2023.

Pelatihan dudi sendiri adalah suatu inovasi program pelatihan yang fleksibel dan dibutuhkan bagi dunia usaha dan dunia industri. Dalam pelatihan ini, nantinya dunia industri yang melaksanakan, merekrut, dan menggunakan tenaga kerja dari hasil pelatihan tersebut.

Sedangkan program yang kedua tailor made training, rusman menerangkan bahwa program tersebut lebih fleksibel dari pelatihan dudi karena dapat diikuti kurang dari 16 orang, jumlah peserta yang membedakannya dari pelatihan dudi.

Di Banyuwangi sendiri, pelatihan dudi sementara masih baru terfokus di dunia Kuliner, Handycraft, Babershop yang semua itu belum ada di kejuruhan di BPVP Banyuwangi.

Sementara itu, forum komunikasi lembaga pelatihan dengan industri daerah atau FKLPID Banyuwangi bekerjasama dengan BPVP Banyuwangi yang menfasilitasi perindustrian untuk mendapatkan pelatihan. Hingga saat ini terdapat lima paket program pelatihan dudi dan tmt atau tailor made training yang telah terlaksana.

Dari hasil pelatihan ini, peserta yang telah melakukan pelatihan dudi dan tmt wajib diserap oleh industri yang melakukan pelatihan.

Dengan adanya pelatihan dudi dan tailor made training yang telah terlaksana, diharapkan dapat menekan angka pengangguran dan kemiskinan yang ada di Kabupaten Banyuwangi sehingga dapat mengurangi sedikit beban keluarga sebagaimana dikatakan oleh plt Kadisnakertransperin Banyuwangi Sulistyowati dalam sambutan pembukaan rakor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *