June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

WARGA MANFAATKAN SURUTNYA SUNGAI UNTUK MANDI DAN MUNCUCI

1 min read

Kemarau panjang membuat sungai di sejumlah daerah di tanah air mengalami penyusutan.

Salah satunya sungai Batanghari, Jambi. Sungai terpanjang di Pulau Sumatera itu tampak seperti pulau-pulau kecil dan menjadi destinasi wisata dadakan.

Beginilah kondisi sungai Batanghari di desa Sarang Burung, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Kondisi sungai tampak susut dan bahkan mengering, akibat kemarau berkepanjangan yang melanda wilayah Provinsi Jambi.

Aliran sungai terpanjang di pulau Sumatera itu kini tampak seperti pulau-pulau kecil. Surutnya debit air sungai, dimanfaatkan oleh warga dan anak-anak untuk berenang sekaligus bermain air.

Kondisi ini membuat sungai batanghari kini menjadi destinasi wisata dadakan. Selain sungai, kemarau panjang juga membuat warga di desa Sarang Burung kesulitan mendapatkan air bersih. Sumur-sumur warga mengering.

Warga kini memanfaatkan sungai Batanghari untuk kebutuhan mandi dan muncuci. Sementara untuk kebutuhan air minum dan memasak, warga harus membeli air bersih. Kepala desa sarang burung, badrun menyampaikan, debit sungai Batanghari di desanya mulai mengalami penyusutan sudah sejak satu bulan terkahir.

Menurutnya, cuaca panas ditambah dengan hujan yang tak kunjung turun tak hanya menyebabkan sungai Batanghari mengering, namun, juga membuat masyarakat kini mengalami krisis air bersih.

Pemandangan indah surut nya sungai batanghari ini tidak bisa dijumpai saat musim penghujan. Warga pun banyak berdatangan ke lokasi wisata dadakan ini untuk bersantai dan bermain air di saat Sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *