June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

PENGAMANAN PEMILU, POLISI GELAR SIMULASI TAKTIK MILITER

2 min read

Guna mematangkan Pengamanan personil pada pelaksanaan pemilihan umum 2024 mendatang, Kepolisian Daerah Jambi menggelar tactical floor game.

Skenario tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dalam memberikan gambaran tentang pergerakan personel pada saat pelaksanaan kegiatan pengamanan nanntinya. Berbagai persiapan dilakukan Polda Jambi guna memastikan Jambi kondusif pada pelaksanaan pemilu 2024 nanti, salah satunya dengan memantapkan kesiapan personel dalam rangka melakukan pengamanaan.

Untuk mematangkan persiapan pengamanan pemilu, Polda Jambi menggelar kegiatan permainan Taktis Operasional, simulasi taktik militer yang diberi nama Tactical Floor Game atau TFG. Simulasi ini dilangsungkan di Aula Polresta jambi langsung di hadiri Kapolda jambi dan Pejabat Utama Polda Jambi, Kapolresta Jambi dan sejumlah Unsur terlibat, yakni TNI, KPU dan Bawaslu.

TFG atau yang biasa disebut taktik militer menjadi bagian yang penting dalam pengamanan pemilu, karena menjadi salah satu skenario atau simulasi untuk personel saling berkoordinasi terkait peran personel.

Kapolda jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono menegaskan, pada pelaksanaan  pengamanan pemilu nanti setidaknya Polda jambi akan menerjunkan 743 Personel, ditambah dengan satuan dan instansi lainya untuk melakukan pengamanan pemilu. Dengan dilakukannya Tactical floor game tersebut, setidaknya taktik ini akan mempermudah dalam memberikan gambaran tentang pergerakan personel pada saat pelaksanaan kegiatan pengamanan nantinya.

Selain menjadi menjadi wadah untuk berdiskusi, berkoordinasi juga menyusun strategi pengamanan yang efektif, demi menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu serentak 2024// Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Satgas Opsda Jambi dalam menangani sistem pengamanan kota (sispamkota) dan kontijensi dalam pelaksanaan pesta demokrasi 2024//

Melalui TFG ini, diharapkan para personel yang terlibat dalam operasi memahami tugas pokok dan fungsi, cara bertindak, dan peranan masing-masing saat situasi aman maupun situasi Kontijensi, pada pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023 – 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *