June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

DUA WARGA PEMBAKAR LAHAN DISIKAT POLISI

1 min read

Sepanjang tahun 2023, kepolisian Resor Muaro Jambi menangkap dua orang warga diduga sebagai pelaku pembakaran lahan.

Keduanya saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan di tahan di polres Muaro Jambi. Tahun ini, kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi marak terjadi.

Jajaran kepolisian Resor Muaro Jambi pun bertindak tegas. Polisi menetapkan dua orang warga sebagai tersangka, atas kasus dugaan pembakaran lahan di wilayah Kabupaten Muaro Jambi.

Lokasi lahannya tersebar di dua kecamatan. Keduanya diduga sengaja melakukan pembekaran untuk keperluan membuka lahan pertanian dan perkebunan. Saat ini kedua tersangka telah dilakukan penahanan di mapolres Muaro Jambi.

Kanit tipiter satreskrim polres Muaro Jambi, Ipda Daholy Musra Perdana mengatakan, dua tersangka pembakaran lahan yang diamankan oleh pihak nya yakni, ln dan ap. Masing-masing, ln merupakan tersangka pembakaran lahan di wilayah Kecamatan Maro Sebo, dengan total luas areal lahan yang terbakar mencapai 3 hektare.

Kemudian ap, tersangka pembakaran lahan di wilayah kecamatan mestong, dengan total luas areal lahan yang terbakar mencapai 2 hektare. Dalam kasus ini, polisi turut menyita barang bukti berupa korek api dan kayu yang telah terbakar.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka pembekar lahan dijerat undang-undang RI nomor 39 tahun tahun 2014 tentang perkebunan, dengan ancaman hukuman pidana penjara 10 tahun dan denda 10 miliar rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *