June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

PENGAJUAN PBG DINILAI LAMBAT, PERBARUAN BERKAS MASYARAKAT DI APLIKASI SIMBG MENJADI KENDALA DINAS PU CIPTA KARYA PP BANYUWANGI

2 min read

Warga kabupaten banyuwangi yang berencana mendirikan bangunan, diwajibkan mengurus surat persetujuan bangunan gedung atau pbg yang sebelumnya lebih dikenal sebagai imb ke dinas pu cipta karya bayu kabupaten banyuwangi.

Gencarnya program pelayanan digitalisasi yang diupayakan oleh pemkab banyuwangi, kini masyarakat sudah dapat mengajukan surat pbg secara online melalui aplikasi simbg.

Sebagai informasi, pbg atau persetujuan bangunan gedung, adalah perizinan yang dikeluarkan dari pemerintah, kepada pemilik sebuah bangunan gedung atau perwakilannya yang sebelumnya disebut sebagai izin mendirikan bangunan atau imb yang diatur dalam undang-undang nomor 11 tahun 2020, tentang cipta kerja dan peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2021.

Meski telah memasuki era digitalisasi yang dapat mempermudah serta mempercepat dalam pengurusan pbg, slf, dan lainnya. Masih terdapat kendala lambatnya penerbitan pbg yang sudah secara merata di indonesia dapat diajukan via online, sehingga dapat berdampak juga dalam pembangunan di kabupaten banyuwangi.

Menanggapi hal tersebut, kepala bidang penataan ruang dinas pu ckpp bayu hadiyanto menyampaikan, pbg ini sendiri adalah hal baru bagi masyarakat karena sebelumnya pengajuan imb dilakukan secara manual. Sehingga untuk pbg, masyarakat harus memiliki akun simbg untuk dapat mengajukan pbg.

Bayu menambahkan, bahwa prosesnya sudah dilakukan secara tepat dan lancar. Namun, saat dalam proses verifikasi persyaratan yang diajukan, terdapat berkas-berkas yang harus diperbarui di sistem, banyak yang tidak melalukan feedback atau balasan dari pemohon yang sudah dikirimkan oleh dinas pu ke akun pemohon.

Banyaknya pengajuan yang belum mendapatkan feedback atau jawaban dari pemohon, kabid bayu nugarha mengatakan akan menghapus sebanyak empat ratus pemohon dalam kurun waktu tahun 2021 hingga 2022.

Kabid bayu nugraha juga menambahkan, saat ini terdapat fitur prototype terbaru dalam aplikasi simbg. Yang menyediakan gambar atau rencana ukuran bangunan dengan didalam simbg tersebut yang dapat menjadi percepatan proses pengajuan yang sudah diluncurkan per hari ini rabu 11 oktober 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *