June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

KOLABORASI PEMKAB BANYUWANGI DAN PELAJAR BERSIH-BERSIH ALIRAN SUNGAI

1 min read

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersinergi dengan pelajar SMK menggelar kegiatan bersih-bersih daerah aliran sungai di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. sampah organik dan plastik dipungut dari sejumlah titik aliran sungai penyangga kebutuhan air masyarakat setempat. siswa pun berpacu dengan terik matahari memungut sampah lalu dipilah ataupun dibakar.

Giat bersih kali kolaborasi pemkab Banyuwangi melalui dinas pu pengairan bersama siswa SMK Darussalam Blokagung bertemakan sekolah rawat daerah aliran sungai atau sekardadu ini dipusatkan di dam sekunder Bulurejo, Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, pada Selasa siang. petugas pengairan bareng siswa pun turun langsung memungut sampah, baik berupa sampah plastik maupun sampah organic.

Satu persatu sampah dipungut dari pinggiran sungai menggunakan kantong plastik berukuran besar. siswa pun berjibaku dibawah terik matahari sebagai langkah mewujudkan kali yang bersih.

Sebelum terjun, siswa dibekali materi oleh petugas bagaimana mekanisme memilah dan memilih sampah. termasuk pula pembekalan materi kesadaran akan kebersihan sungai.

Korsda Bangorejo, Sunardi menyebut tidak hanya bersih-bersih, dalam kegiatan ini juga menanam bibit pohon asam dan kopi di sekitar sungai yang tidak jauh dari sekolahnya. Menurutnya, langkah ini sebagai titik awal menjaga daerah resapan air yanf ada di pinggiran sungai.

Kolaborasi kali ini adalah yang terakhir, setelah sebelumnya melakukan giat yang sama di daerah aliran sungai di wilayah Sidorejo, Kecamatan Purwoharjo. menggandeng siswa sekolah dasar yang ada disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *