June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

MOMEN DRAMATIS PETUGAS DAMKAR USIR RIBUAN KELELAWAR HUNI SD DI BANYUWANGI

1 min read

Momen dramatis berlangsung saat petugas pemadam kebakaran mengusir ribuan kelelawar,  yang bersarang di salah satu ruangan SD di desa Dasri, kecamatan Tegalsari, Banyuwangi. Petugas pun dibuat kewalahan lantaran sulitnya medan evakuasi, yang berada di sudut atas ruangan. Selain meresahkan lantaran bau yang ditimbulkan dari fesesnya, keberadaan ribuan kelelawar tersebut juga membuat kegaduhan saat jam sekolah.

Tercatat empat personil pemadam kebakaran BKO kecamatan Genteng Banyuwangi, dikerahkan melakukan pengusiran ribuan kelelawar yang mendiami ruang perpustakaan, SDN Lima Dasri, dusun Sumbergayam, desa Dasri, kecamatan Genteng, pada Senin pagi. Petugas pun dihadapkan dengan medan sulit, yakni posisi bersarangnya kelewawar berada di sudut atas bangunan.

Petugas pun harus berjuang ekstra keras dan hati-hati. Belum lagi ketiadaan penerangan di atas langit-langit bangunan, sempat menyulitkan proses pengusiran ribuan kelelawar yang tak diketahui dari mana asalnya.

Usaha pun akhirnya membuahkan hasil saat petugas menggunakan cairan pembasmi serangga tepat ke sarangnya. Penyemprotan juga  dilakukan di tiap sudut, tak hanya dari dalam, petugas turut melakukan penyemprotan dari atap luar bangunan. Kelelawar pun kelimpungan dan berhamburan keluar melalui celah atas atap bangunan. Sekitar empat jam bagi petugas berjibaku mengusir kelelawar dari dalam bangunan, kendati masih ada kelelawar yang bertahan di celah atap bangunan.

Selain meresahkan lantaran bau yang ditimbulkan dari fesesnya, keberadaan ribuan kelelawar tersebut juga membuat kegaduhan saat jam sekolah. Tak sedikit dari siswa yang ketakutan ketika kelelawar itu keluar dari sarangnya.

Padahal, sebelumnya telah dilakukan pengusiran ketika renovasi bangunan berlangsung pada tiga bulan lalu. Namun tak sampai sepekan, ribuan kelelawar tersebut balik lagi ke atap bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *