June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

GEGANA BRIMOB JAMBI LEDAKAN RANJAU SISA PERANG DUNIA KEDUA

1 min read

Tim penjinak bom detasemen gegana satuan brimob polda jambi meledakkan ranjau sisa perang yang ditemukan oleh warga kota Jambi, Jum’at sore. Ranjau berdaya ledak tinggi yang masih aktif itu ditemukan oleh warga berada di dalam kolam.

Tim jibom gegana satbrimob polda Jambi mendatangi lokasi penemuan ranjau, di kelurahan Olak Kemang, kecamatan Danau Teluk, kota Jambi. Setelah melakukan identifikasi, tim jibom gegana brimob menduga bahwa ranjau darat yang diperkirakan jenis anti tank tersebut diduga merupakan sisa peninggalan perang dunia ke dua.

Benda berbentuk bulat yang telah berkarat berwarna kekuningan itu diketahui masih aktif dan memiliki daya ledak tinggi. Tim jibom satbrimob melakukan pemusnahan atau disposal peledak sisa militer peninggalan perang ini dengan cara diledakkan. Peledakan ranjau darat dilakukan oleh brimob di dekat area lokasi penemuan yang berada jauh dengan permukiman warga.

Pemusnahan ranjau darat turut disaksikan oleh pihak kepolisian dari sektor danau teluk dan koramil pelayangan. Ranjau anti tank sisa peninggalan perang dunian ke dua ini pertama kali ditemukan oleh warga di dalam kolam yang berdekatan dengan area persawahan. Setelah penemuan benda peledak tersebut, warga langsung melaporkannya ke polsek Danau Teluk.

Kemudian, pihak polsek langsung menyampaikan penemuan itu ke tim jibom datasemen gegana satbrimob polda Jambi. Sebelum diledakkan, polisi dan TNI tampak mendatangi lokasi penemuan ranjau guna melakukan pengamanan. Diketahui, wilayah Jambi merupakan salah satu tempat pertempuran antara pasukan indonesia dengan pasukan penjajah.

Diprediksi, hingga kini masih terdapat amunisi aktif sisa peperangan yang terpendam di dalam tanah. Wargapun diminta terus waspada dan melapor ke pihak kepolisian jika menemukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *