June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

LAHAN PERSAWAHAN DI KOTA PADANG  SEMAKIN MENYUSUT

1 min read

Lahan persawahan di kota Padang Sumatera Barat selama kurun waktu tujuh tahun  terakhir mengalami penyusutan lebih kurang 1000 hektar lebih. Kondisi ini  disebabkan, kota Padang sebagai daerah urban sehingga banyaknya sawah produktif hilang menjadi perumahan.

Berdasarkan data dari dinas pertanian kota Padang, selama kurun waktu  tujuh taun terakhir,  lahan persawahan di kota Padang mengalami penyusutan  seluas 1.260 hektar,dimana di tahun 2015 lahan persawahan di kota Padang seluas 6.476 hektar menjadi 5.216 hektar di tahun 2022. Dengan jumlah lahan tersebut produksi beras  di kota Padang menghasilkan  sebanyak 45 ribu 242 ton beras dalam setahun, sementara untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat sebesar 104 ribu ton pertahun, sedangkan hasil sawah baru mampu memenuhi lebih kurang 29 persen.

Kabid sarana dan prasarana pertanian, dinas pertanian kota Padang mengatakan semakin berkurangnya lahan persawahan di kota Padang, lantaran kota padang sebagai daerah urban menjdi penyebab banyaknya sawah produktif hilang dan menjadi perumahan,  dan rendahnya keinginan generasi muda untuk bertani,

Selain itu  pesatnya perkembangan perkotaan, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pertanian, meningkat nya kebutuhan ekonomi masyarakat petani.

Agar tidak terjadinya alih fungsi lahan, perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai dalam bidang pertanian, selain itu juga memotivasi generasi muda terkait pentingnya sektor prtanian, tidak dikeluarkannya izin pengembang perumahan pada lahan-lahan pertanian produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *