June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

KASUS KORUPSI DANA KONI SUMATRA BARAT

1 min read

Mantan ketua Koni Sumbar Agus Suardi, yang tersandung  kasus korupsi dana Koni tahun anggaran 2018-2020. Bertambah menjadi 5 tahun  hukuman kurungan penjara  dengan denda 200 juta Rupiah dan membayar uang penganti sebesar  748 juta 875 ribu Rupiah.  Putusan kasasi terhadap terdakwa Agus Suardi, di putuskan oleh  mahkamah agung, dan di serahkan kepada kejaksaan negeri Padang Sumatera Barat.

Sebelumnya, terpidana  Agus Suardi alias Abien telah diputuskan  2 tahun 6 bulan kurungan  oleh pengadilan negeri Padang Sumatera Barat,  kemudian  keputusan dari mahkamah agung, menolak permohonan kasasi dari pemohonan kasasi atas nama Agus Suardi, mahkamah agung memperbaiki putusan pada tingkat pengadilan negeri padang  no 18, Pidsus PPK, tahun 2022 yang lalu.

Selain hukuman penjara 5 tahun, terdakwa juga dibebankan denda sebesar 200 juta Rupiah. Apabila denda tersebut tidak dibayarkan, maka diganti dengan kurungan selama dua bulan, selain itu mahkamah agung juga menjatuhkan pidana tambahan terhadap terdakwa dengan membayar uang penganti sebesar 748 juta 875 ribu Rupiah.

Jika terdakwa tidak membayar uang penganti, selama kurun waktu satu bulan penuh, maka harta benda milik terdakwa dapat disita oleh jaksa  dan dilelang untuk menutupi uang penganti tersebut.  Hasil kasasi ini merupakan putusan dari kasasi sebelumnya yang sudah diputuskan terlebih dahulu, yakni Nazar dan Davidson, masing-masing di vonis  3 tahun 6 bulan penjara.

Diketahui sebelumnya, tiga tersangka ditetapkan terlibat dalam kasus korupsi dana Koni  kota Padang tahun anggaran 2018-2020, tiga terdakwa yakni Agus Suardi, Davitson dan Nazar. Ketiga tersangka menjalani sidang di pengadilan negeri kelas IA Padang dan divonis bersalah oleh majelis hakim beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *