June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

AKSI SALING LAPOR WARNAI TAHAPAN PILKADES CANTUK BANYUWANGI

2 min read

Tensi politik jelang pelaksanaan pilkades di desa Cantuk, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, mulai menghangat. Aksi saling lapor antar bakal calon kepala desa mewarnai jalannya tahapan. Tudingan ketidaknetralan panitia pilkades dan BPD turut dilontarkan sejumlah bakal calon.

Aksi saling lapor mewarnai jalannya tahapan pemilihan kepala desa Cantuk, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. Kondisi itu tercermin saat ketiga pendukung bakal calon, melakukan aksi protes di kantor camat Singojuruh, senin kemarin.

Ketiga pendukung saling tuding atas dugaan sejumlah pelanggaran pada tahapan pilkades desa Cantuk. Yang tudingannya juga ikut mengarah ke masing-masing bacalon.

Tak hanya aksi saling tuding, ketiga pendukung bacalon pun kompak mengadu kepada pihak panitia pemilihan kecamatan, atas ketidaknetralan panitia pilkades dan juga BPD desa Cantuk. Ketiga pendukung pun senada, merasa dirugikan lantaran panitia terkesan berat sebelah dan menguntungkan salah satu bacalon.

Menghangatnya tensi politik inipun direspons pihak dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten Banyuwangi. Melalui Fredi Budi Mulyo, pejabat fungsional DPMD Banyuwangi, pihaknya menyebut,

Tahapan pelaksanaan kampanye pilkades serentak di 51 desa telah diatur dalam peraturan bupati (PERBUP) Banyuwangi nomor 39 tahun 2019. Dalam perbub dijelaskan, tidak diizinkan memasang dan menyebarluaskan baliho, banner, spanduk, serta selebaran yang memuat foto, nama, tulisan, dan tanda gambar.

Selain itu tidak para boleh melakukan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan bakal calon kepala desa, calon kepala desa. Dan jika di luar waktu kampanye pemilihan kepala desa terdapat pelanggaran, maka panitia pilkades akan melakukan penertiban dibantu pihak pemerintah desa dan aparat keamanan.

Tercatat tiga bakal calon meramaikan kontestasi politik pilkades desa Cantuk. Saat ini tahapan pilkades desa Cantuk tengah memasuki masa perpanjangan waktu pembenahan berkas pendaftaran, sebelum akhirnya masuk dalam tahapan penetapan bakal calon. Desa Cantuk tergabung dalam 50 desa lain di Banyuwangi, yang tahun ini serempak menggelar pemilihan kepala desa di wilayahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *