June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

KEBAKARAN LAHAN GAMBUT, SATGAS KARHUTLA AMANKAN 3 WARGA

1 min read

Hingga hari ke 2,  Tim Satgas Karhutla masih melakukan pemadaman kebakaran Lahan Gambut di Desa Ramin,  Kecamatan Kumpeh Ulu,  Kabupaten Muaro Jambi,  Provinsi Jambi. Sementara itu,  3 orang pemilik lahan yang lahan nya terbakar telah diamankan petugas.

Tim Gabungan Satgas kebakaran hutan dan lahan masih terus melakukan pemadaman kebakaran Lahan Gambut di Desa Ramin,  Kecamatan Kumpeh Ulu,  Kabupaten Muaro Jambi,  Kamis 31 Agustus 2023. Selain upaya pemadaman lawat jalur darat menggunakan mesin pompa air dan selang,  Satgas Karhutla juga melakukan pemadaman lewat jalur udara.

Tidak main-main,  3 helikopter water bombing dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar Gambut berkedalaman hampir satu meter tersebut. Komandan Satgas Karhutla Provinsi Jambi,  Brigjen Tni Supriono mengatakan,  untuk memutus api di daerah Gambut pihaknya membuat skat kanal.

Pembangunan sekat kanal bertujuan untuk membasahi areal lahan gambut yang terbakar. Dengan harapan,  kebakaran lahan gambut dapat diantisipasi,  sehingga tidak semakin meluas. Disisi lain,  Satgas Karhutla juga tak segan melakukan penegakan hukum terhadap setiap pelaku yang dengan sengaja membakar lahan. Terkait kebakaran lahan gambut di Desa Ramin,  Kumpeh Ulu,  Satgas Karhutla saat ini telah mengamankan 3 orang pemilik lahan yang terbakar.

Satgas Karhutla Provinsi Jambi merilis,  selama tahun 2023 sebanyak 325 hektar lahan di Provinsi Jambi hangus terbakar. Meski demikian,  kebakaran lahan yang terjadi seluruhnya dapat teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *