June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

SAWAH KEKERINGAN, PETANI SUBANG HABISKAN DANA 1,5 JUTA PERHARI

1 min read

Akibat kekeringan, petani menghabiskan dana sebesar 1,5 juta rupiah perhari untuk mengairi lahan sawah seluas satu hektar. Dana sebesar itu, digunakan untuk membeli bbm mesin pompa air.

Dalam sepekan, setidaknya  sekitar tiga kali petani menyedot air untuk disalurkan ke lahan mereka. Artinya, dalam seminggu mereka menghabiskan dana sebesar 4,5 juta rupiah.

Dwi mengatakan, kondisi seperti ini membuat para petani di daerah tersebut mengeluh. Selain telah menghabiskan dana besar, kondisi tanaman padi juga tak kunjung tumbuh subur, karena minimnya pasokan air untuk sawah mereka.

Dengan kondisi seperti ini, para petani berharap ada campur tangan pemerintah daerah Kabupaten Subang untuk membantu petani, agar tanaman padi milik mereka dapat terairi.

Sekitar 200 hektar tanaman padi yang dilanda kekeringan, kini kondisinya mulai menguning serta batangnya layu.  bahkan saat ini, padi yang berumur 30 hari tersebut mulai dibiarkan pemiliknya. hal itu kemungkinan bentuk kekecewaan petani terhadap kondisi lahan sawah yang tak kunjung membaik.

Selain dampak kemarau panjang, kekeringan yang terjadi diduga adanya pengerjaan proyek normalisasi irigasi yang tak kunjung selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *