June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

Kembang Kempis Peternak Kambing Perah Banyuwangi

1 min read

Nasib tak menentu mulai dirasakan peternak kambing perah di Banyuwangi. Dalam tiga bulan terakhir, peternak mulai mengalami kesulitan menjual hasil susunya ditengah melimpahnya hasil produksi. Walhasil, susu hasil perahan mereka terbuang sia-sia dan banyak yang membusuk di mesin pendingin.

Awan kelabu tengah menyelimuti sejumlah peternak Kambing perah di Banyuwangi. Sejak tiga bulan terakhir, peternak mulai kesulitan menjual hasil susu perahnya.

Hal tersebut tak lepas dari melimpahnya hasil produksi atau over kapasitas susu kambing. Kondisi itupun diperparah dengan menurunya permintaan susu di pasaran, hingga berujung pihak pengepul kesulitan menjual susu dari peternak.

Salah satu peternak yang turut merasakan dampak lesunya bisnis susu perah ini adalah Sunardi. Peternak Asal Dusun Panjen, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu ini, terpaksa mengurangi produksi susu kambingnya agar tak semakin merugi.

Jika sebelumnya, Sunardi mampu mendulang hingga 15 liter susu kambing segar setiap harinya. Kini, dirinya membatasi produksi hanya 5 sampai 7 liter per hari. Jika tak membatasi produksi, mengaku susunya akan menumpuk dan berakhir membusuk di mesin pendingin.

Sunardi menyebut, sudah tiga bulan ini belum memperoleh pembayaran dari penjualan, lantaran susu yang disetorkannya masih menumpuk di tingkat pengepul. Apabila kondisi ini terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan usahanya akan gulung tikar.

Sementara itu, kelompok peternak Panjiwangi yang menaungi Sunardi dan peternak lain di desa Jambewangi menyebut, kondisi ini tak hanya me dera peternak di desanya, melainkan hampir seluruh peternak susu kambing perah di Banyuwangi.

Banyak pengepul yang mulai kesulitan memasarkan susu dari peternak. Beban pengepul juga bertambah, lantaran harus menutup biaya produksi dari penyimpanan susu dengan jumlah banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *