June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

MENTERI HADI TJAHJANTO JANJI TUNTASKAN KASUS TANAH TRANSMIGRASI GAMBUT JAYA DAN GEDONG KARYA.

1 min read

Persoalan tanah transmigrasi di kabupaten Muaro Jambi turut menjadi perhatian serius menteri ATR BPN, hadi Tjahjanto.

Hadi berjanji akan segera menyelesaikan persoalan kasus transmigrasi yang ada lewat program strategis nasional reforma agraria.

Menteri agraria dan tata ruang, badan pertanahan nasional Atr, Bpn, Hadi Tjahjanto berjanji akan menuntaskan persoalan tanah transmigrasi di desa gambut jaya dan desa Gedong Karya, kabupaten Muaro Jambi.

Hal ini diungkapkan Hadi usai menyerahkan secara simbolis 13.366 sertifikat tanah di Jambi, Kamis 24 Agustus 2023.

Mantan panglima TNI itu menegaskan, persoalan tanah transmigrasi menjadi perhatian serius pihaknya.

Hadi Tjahjanto menyatakan, kasus tanah tramigrasi di kabupaten Muaro Jambi  akan segera diselesaikan oleh pihaknya lewat program strategis nasional reforma agraria.

Secara nasional, menurut Hadi, saat ini kementerian ATR, BPN memiliki tugas untuk menyelesaikan kasus tanah transmigrasi seluas 600 ribu hektar.

Sementara itu, penjabat bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah menyatakan, pihaknya akan mencari solusi jalan tengah terkait persoalan tanah transmigrasi desa Gambut Jaya kecamatan Sungai Gelam dan Desa Gedong karya, kecamatan Kumpeh.

Sebagaimana diketahui, warga transmigrasi di desa Gambut Jaya dan Gedong Karya, kabupaten Muaro Jambi sejak belasan tahun lalu hingga kini belum mendapatkan sebagian haknya.

Janji pemerintah yang akan memberikan lahan seluas 2 hektar untuk masing-masing KK sampai saat ini belum terwujud. Setiap KK peserta transmigrasi hanya mendapatkan rumah dan tanah perkarangan seluas 0,75 hektar, sementara sisa lahan usaha 1,25 hektar untuk masing-masing kk hingga tahun 2023 belum didapatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *