June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

RAYAKAN ULANG TAHUN, PRAMUKA BANYUWANGI GELAR PAWAI LAMPION.

2 min read

Pramuka atau Praja Muda Karana Kabupaten Banyuwangi, merayakan hari ulang tahunnya ke-62 dengan menggelar Festival Pawai Lampion, pada Senin, 14 Agustus 2023. Pawai tersebut diikuti ribuan peserta, dengan menyusuri jalan sejauh 3,3 kilo meter.

Dengan mengusung tema Kepramukaan dan Kebhinekaan, pawai lampion tersebut diikuti ribuan peserta dari berbagai gugus sekolah dasar hingga sekolah menengah. Pawai tersebut mengambil rute  dengan menyusuri jalanan malam Kota Banyuwangi sejauh 3,3 kilometer. Dimulai dari depan Kantor Pemkab Banyuwangi, iring iringan pawi finish di Taman Blambangan.

Dalam pawai itu,  pelajar se-Banyuwangi dari gugus sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, kompak mengikuti pawai lampion untuk memperingati hari ulang tahun pramuka ke-62, yang jatuh pada 14 Agustus 2023.

Berbagai macam lampion yang terbuat dari barang-barang bekas, dibawa oleh peserta. Diantaranya berbentuk tunas kelapa, bintang, bunga,  binatang dan lain sebagainya. Selain itu, juga ada lampion berbentuk tempat ibadah 6 agama.

Dengan mengusung tema kepramukaan dan kebhinekaan, pawai lampion tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Event yang baru digelar pertama kali setelah pandemi Covid-19, peserta yang ikut  tidak hanya beradu kreativitas dalam membentuk lampion yang dibawanya saja. Namun,  juga harus lebih kreatif dalam menampilkan kostum yang mereka kenakan.

Aspem dan Kesra Pemkab Banyuwangi, Arief Setiawan berharap, tumbuh semangat para pelajar, silaturahim yang mereka bangun dan inovasi yang mereka lakukan, dapat memberikan dampak yang positif.

Gelaran pawai lampion tersebut, berlangsung meriah dan menarik antusias  warga di sepanjang jalur pawai. Dengan tidak meninggalkan seragam pramukanya, peserta memodifikasi tampilan kostumnya dengan tambahan aksesoris kebudayaan yang ada di Banyuwangi.

Awai lampion yang disaksikan ribuan penonton ini, juga tidak hanya sekedar kirab keliling kota sambil membawa lampion  saja.  Tapi juga merupakan bentuk kebersamaan dalam mengeratkan tali persaatuan bangsa, lewat kegiatan pramuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *