June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

KEJATI SUMBAR USUT KASUS KORUPSI DINAS PENDIDIKAN SUMBAR

1 min read

Kejaksaan tinggi Sumbar membidik dugaan korupsi dan kerugian Negara, di dinas pendidikan dan BPBD Sumatera Barat, pada dua institusi dibawah naungan pemerintah Provinsi Sumatera Barat tersebut. Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, saat ini sedang gencar gencarnya mengungkap berbagai kasus, terutama yang terindakasi kasus korupsi yang merugikan Negara.

Saat ini tim asisten pidana khusus kejati Sumbar sedang membidik serta mengumpulkan bukti, pada dua kantor yang berbeda tufoksi kerjanya tersebut.

Aspidsus Kejati Sumbar mengatakan,  untuk BPBD Sumbar dugaan penyimpangan  dan penggelembungan dana,  anggaran penangan covid 19 beberapa waktu lalu. Namun angka pasti kertgian negara masih di hitung secara detail, namun diyakini mencapai milyaran rupiah.

Sebelumnya di tahun 2021  lalu DPRD Sumbar juga pernah menyorot kerugian negara di BPBD Sumbar bahkan membuat pansus sebab berdasarkan data dari BPK saat itu 50 milyar di anggarkan untuk pembelian hand sanitizer, namun hingga kini, tidak ada tindak lanjutnya.

Sedangkan untuk dinas pendidikan dugaan kerugian negara diduga pembelian alat untuk PPDB di tahun 2021 lalu,namun aspidsus tidka merinci secara detail, berapa kerugian negara di Dinas Pendidikan Sumbar tersebut.

Aspidus memastikan pihaknya akan melakukan penanganan serius, untuk dugaan korupsi yang merugikan Negara. Bahkan kasus kasus lama yang dianggap mangkrak akan dipelajari lagi, jika dtemukan adanya penyimpangan, maka akan dilakukan penelusuran dan mencari alat bukti, agar pelaku bisa  mempertagung jawabkan perbutannya dimata hokum. Selain itu aspidsus meminta  masyarajat atau penggiat anti korupsi segera melaporkan apabila ada indikasi korupsi ke Aspidsus Kejati Sumbar baik APBD tingkat 2 Kabupaten, kota maupun provinsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *