June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

KOMISI III DPRD BANYUWANGI DORONG DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA BERINOVASI TINGKATKAN RETRIBUSI PARIWISATA

1 min read

Komisi III DPRD banyuwangi mendorong dinas kebudayaan dan pariwisata berinovasi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD dari sektor pariwisata seiring dengan turunnya penerimaan retribusi wisata pasca pandemi Covid-19.

Ketua Komisi III, Emy Wahyuni Dwi Lestari, membenarkan bahwa selama ini penerimaan retribusi di kabupaten Banyuwangi masih tergolong rendah dikisaran angka 56 persen dari target yang telah ditetapkan dalam APBD.

Politisi partai demokrat ini melanjutkan, melihat potensi retribusi yang masih belum maksimal, Komisi III mendorong DISBUDPAR untuk melakukan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan penerimaan retribusi sektor pariwisata sehingga target retribusi tahun ini dapat tercapai 100 persen.

Menurut Emy, dinas kebuadayaan dan pariwisata telah memaparkan beberapa program atau kebijakan yang mampu mendongkrak penerimaan retribusi sektor pariwisata diantaranya, penyesuaian tiket masuk destinasi wisata, dan mengoptimalkan aset daerah seperti dermatory atlet, maupun terminal terpadu pariwisata.

Selain itu, dinas kebudayaan dan pariwisata juga akan segera mengelola sebagian pulau tabuhan yang terletak di kecamatan wongsorejo, sebagai destinasi wisata dan membentuk badan usaha milik daerah atau bumd pariwisata berbasis IT.

Menurut kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Banyuwangi, M Yanuar Bramuda mengakui bahwasanya retribusi sektor pariwisata belum mencapai target yang ditetapkan, namun pihaknya optimis tahun 2023 ini bisa maksimal.

Untuk mewujudkan penerimaan retribusi yang maksimal, pihaknya akan melakukan terobosan, atau gagasan baru sebuah badan usaha yang khusus menangani It semacam BUMD online penunjang sektor pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *