June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

AKSES JALAN MENUJU GEREJA TERTUTUP TEMBOK BETON

2 min read

Gereja Pentakosta Indonesia sidang sungai bahar 1 di Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi menjadi sorotan publik setelah akses menuju gereja tersebut tertutup. Tidak hanya askes nya yang tertutup, kondisi bangunan gereja yang berada di area perkebunan kelapa sawit itu juga tampak memprihatinkan.

Jemaat Gereja Pentakosta Indonesia (GPI) sidang sungai bahar satu di RT. 08, desa Suka Makmur, kecamatan Sungai Bahar, kabupaten muaro jambi harus berjalan kaki ratusan meter untuk dapat datang ke gereja menjalankan ibadah.

Hal ini terpaksa dilakukan umat Kristiani akibat akses jalan menuju tempat ibadah mereka tertutup tembok beton.

Tidak hanya itu saja, akses menuju gereja dari lokasi jalan yang lain juga ditutup, pemilik tanah tampak menggali lubang sehingga tidak bisa dilintasi jemaat.

Namun demikian, seluruh jemaat gereja GPI sungai bahar ini tampak khusuk menjalankan ibadah, meski sejatinya mereka resah dengan persoalan yang terjadi.

Tidak hanya akses ditutup, kondisi gereja yang terletak jauh dari permukiman warga ini juga terlihat sederhana.

Gereja dengan ratusan jemaat tersebut hanya tampak berdinding plastik dan beratapkan terpal, sementara tiangnya terbuat dari kayu.

Pihak gereja menjelaskan, bangunan gereja gpi sungai bahar ini didirikan pada awal tahun 2023 lalu.

Gereja ini sebelum nya telah melayani jemaat sejak tahun 2016 dengan menyewa ruko di dekat lokasi gereja yang baru.

Meski memiliki perizinan yang lengkap dan telah bertemu dengan pemilik tanah, namun belum ada solusi yang didapat.

Pihak gereja tidak sanggup dengan sarat yang diajukan oleh salah satu pemilik tanah.

Pemilik tanah bersedia menyediakan jalan dengan lebar 2,5 Meter dan panjang seratus Meter, dengan syarat harus membayar uang ganti rugi sebesar 120 Juta Rupiah dalam jangka waktu 3 hari.

Jemaat gereja gpi sungai bahar meminta bantuan kepada presiden dan gubernur jambi untuk dapat menjembatani permasalahan yang tengah mereka hadapi.

Para jemaat gereja gpi sungai bahar berharap dapat memiliki akses jalan permanen menuju gereja mereka, sehingga para jemaat bisa melaksanakan kegiatan keagamaan dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *