June 18, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

TEMUAN BATU KUNO BERUSIA 1600 TAHUN DI HALAMAN SEKOLAH BANYUWANGI

1 min read

Benda kuno diperkirakan berusia ribuan tahun ditemukan di halaman sekolah dasar di kecamatan Muncar, Banyuwangi. Benda kuno mirip permainan congklak itu tak sengaja ditemukan salah seorang wali murid. Atas temuan itu, pihak Disbudpar Banyuwangi langsung menerjunkan tim Arkeolog ke lokasi.

Tercatat ada delapan buah batu kuno diduga peninggalan zaman Megalitikum, abad ketiga Masehi, yang ditemukan di sebuah bukit kecil terletak di halaman sekolah SD Negeri Empat Sumberberas, kecamatan Muncar, Banyuwangi. Kedelapan batuan itu tersebar di sejumlah titik dan berjarak saling berdekatan, tepat dibawah pohon beringin tua.

Tak ada yang mengira, batuan berlubang tersebut, merupakan batuan kuno peninggalan zaman Megalitikum. Lantaran dekat lingkungan sekolah, batuan kuno itu kerap digunakan sebagai alat permainan oleh siswa saat jam istirahat berlangsung.

Sebelum akhirnya salah seorang wali murid yang mengendus keanehan pada bebatuan itu. Dan melaporkannya pada dinas kebudayaan dan pariwisata Banyuwangi.

 Disbudpar Banyuwangi langsung menerjunkan tim Arkeolog pasca penemuan kedelapan batuan kuno itu, pada Rabu kemarin. Disebutkan, kedelapan batuan itu merupakan batu dakon dengan ukuran bervariatif, antara 12 sampai dengan 43 Centimeter.

Pada zamannya, batuan itu dipergunakan untuk penanggalan panen atau biasa disebut Pranata Aksara. Dan biasa dipergunakan sebagai permainan tradisional yakni dakon atau congklak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *