June 15, 2024

ntvnews

terkini, terupdate.

BERSIH DESA, WARGA SIDOMULYO GELAR KIRAB TUMPENG

1 min read

Bertepatan dengan datangnya tahun baru Islam, warga desa sidomulyo kecamatan Pronojiwo Lumajang mengelar kegiatan bersih desa. Puluhan tumpeng dan gunungan diarak dan dibagikan kepada warga.

Kirab tumpeng dan budaya ini digelar warga desa Sidomulyo dilakukan sebagai tradisi bersih desa, yang biasa digelar setiap tahun baru islam atau  bulan Suro menurut penggalan Jawa. Puluhan tumpeng yang dibawa oleh warga disetiap RT diarak keliling  kampung.

Dalam kirab ini, tumpeng yang dibawa tidak hanya berupa nasi dan lauk pauk, namun juga gunungan hasil bumi dan sayuran serta makanan kecil. Setelah diarak, tumpeng lalu dibawa ke sebuah perkampungan setempat untuk dibagi dan dimakan bersama sama. Sedangkan gunungan sayur dan hasil bumi langsung menjadi rebutan warga.

Mita Arista peserta kirab tumpeng menyebut sempat terhenti karena pandemi tradisi bersih desa ini kembali digelar tahun ini, bersih desa dan kirab tumpeng ini di arak mulai dari balai desa sampai dengan perbatasan atau tepatnya jembatan yang terputus akibat diterjang banjir gunung semeru, selain itu bersih desa ini juga sebagai bentuk kencintaan warga terhadap tradisi dan rasa syukur kepada tuhan atas hasil kenikmatan selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *